Monday, November 21, 2022

Koneksi Antar Materi 1.2.a.8 Nilai dan Peran Guru Penggerak

 Koneksi Antar Materi 1.2.a.8 Nilai dan Peran Guru Penggerak


Peristiwa:

Momen paling mencerahkan bagi saya ketika mempelajari modul 1.1 dan 1.2 adalah ketika saya sebagai guru penggerak mulai mempelajari modul tersebut, karena dalam mempelajari modul ini saya harus merekontruksi pengetahuan baru kemudian memahami sesuai yang saya pahami lalu dibenturkan di diskusi kelompok yang semakin menambah wawasan saya, kemudian salaing berdiskusi dengan kelompok lain. Dan ada kemudian setelah diskusi panjang itu saya mengikuti elaborasi materi nah pada poin ini seluruh pengetahuan dapat dikontruksi ulang dan menjadi pengetahuan yang utuh. Kaitan antara modul 1.1. dan 1.2 yang saya pahami adalah  setelah saya tau tentang dasar dasar pemikiran dari Ki Hajar Dewantara pastinya saya akan berusaha untuk mengimplementasikannya, dalam implementasinya tidak serta merta dapat dilakukan dengan mudah, maka dari itu perlu pemahaman pada modul 1.2 yang berkaitan dengan cara kerja otak, motivasi instrinsik bagaimana manusia memiliki daya untuk memilih. hal ini penting untuk mendukung implementasi pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran. Dan saya kira sangat berkaitan erat antara modul 1.1 dan 1.2

Perasaan :

Saat momen itu terjadi saya merasa mendapatkan pencerahan berkaitan dengan kebuntuan materi yang saya baca dan saya mendapatkan sedikit pengetahuan baru dari materi-materi yang saya baca. Sehingga perlu sekali bagi diri saya untuk selalu belajar dan belajar dalam rangka memenuhi kewajiban sebagai insan pembelajar sepanjang hayat.

Pembelajaran :

Sebenarnya sejak dahulu saya sudah berfikir bahwa dalam bekerja kita harus mengutamakan kecepatan dalam mengambil keputusan namun ternyata kita harus memikirkan matang-matang apa yang akan kita lakukan sebagai tindak lanjut dari pengambilan keputusan tersebut. sehingga dalam bekerja kita tidak gegabah dalam  mengambil keputusan. 

Penerapan ke depan :

Rencana ke depan yang saya lakukan adalah mengembangkan kegiatan reflektif dalam setiap pembelajaran dalam rangka memperbaiki pembelajaran yang ada untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik lagi. Selain itu saya akan berusaha lebih inovatif lagi dalam mengemas pembelajaran yang saya lakukan, agar hal ini dapat menjadi teladan juga bagi siswa - siswa.



No comments:

Post a Comment