Tuesday, December 6, 2022

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 CGP Angkatan 7 Kota Surakarta

 Nilai dan Peran Guru Penggerak 


Dalam minggu ini kami sebagai guru penggerak memperlajari materi lanjutan dari 1.1 yaitu 1.2 berkaitan dengan nilai dan peran guru penggerak. Materi kedua ini mengenalkan seorang guru penggerak dengan nilai yang harus dimilikinya sebagai seorang guru penggerak. nilai tersebut antara lain berpihak pada murid, kolaboratif, mandiri, inovatif serta reflektif. Dari kegiatan yang dipelajari ini saya semakin yakin bahwa ketika menerapkan kelima nilai tersebut pembelajaran yang saya lakukan nanti akan semakin baik. selain dari nilai guru penggerak saya juga belajar tentang peran guru penggerak sebagai seorang guru penggerak nantinya akan menjadi seorang pemimpin pembelajaran, menggerakan komunitas praktisi, menjadi pelatih bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru serta mampu mewujudkan kepeminpinan murid. Ketika memahami beberapa peran dari guru penggerak ini saya masih bingung karena ada beberapa hal yang saya tidak dapat pahami dengan mudah. karena memang menurut saya terlalu abstrak untuk dibayakan. namun hal itu dapat diatasi ketika kegiatan ruang kolaborasi 1 maupun kolaborasi 2 ditambah dnegan kegiatan Elaborasi materi. Perang guru penggerak yang sedikit susah untuk dipahami tadi semakin ada simpul merah untuk memahami bagaiman guru penggerak bergerak dalam setiap perannya.


Saya semakin terbuka dengan pemahaman nilai dan peran guru penggerak ini.  Optimis untuk meaksanakan jelas saya rasakan ketika telah membangun pemahanman tentang nilai dan peran guru pengerak dari pengajar praktek, fasilitator maupun rekan sejawat saat ruang kolaborasi dilaksanakan bahwa ketika dapat menanamkan nilai ini serta menerapkan peran guru penggerak dalam pembelajaran yang saya lakukan  maka akan lebih mudah saya bersama murid saya untuk mencapai tujuan pembelajaran 


Dari pembalajran modul 1.2 ini saya lebih memahami tentang nilai dan peran guru penggerak yang seperti saya utarakan sebelumnya sebagian nilai mapun peran ini sudah ada dalam diri saya namun dalam pelaksanaan dalam pembelajaran sehari-harii belum saya keluarkan secara maksimal dan beberapa belum saya laksanakan atau jarang saya laksanakan.


Ke depan dalam pembelajaran yang saya lakukan saya akan mencoba untuk menerapkan beberapa nilai yang belum saya lakukan atau melakukan pengembangan dari nilai yang sudah sya lakukan contohnya kolaborasi lintas sektor untk kepentingan pembelajaran yang saya lakukan 

No comments:

Post a Comment