Sunday, February 12, 2023

Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

Budaya Positif berasal dari kata budaya  dan positif, budaya adalah sesuatu kegiatan atau kebiasaan yang berlangsung terus menerus yang diyakini oleh orang yang melakukannya. sementara positif adalah sesuatu hal baik atau mengarah ke hal baik.  Jika dipadukan maka dapat diartikan budaya positif adalah kebiasaan yang dilakukan terus menerus yang mengarah kepada suatu kebaikan dan diyakini oleh orang yang melaksanakannya.  Budaya positif ini diperlukan oleh setiap lini di negeri ini. Khususnya dalam bidang pendidikan budaya positif ini sangat penting dikarenakan dalam mendampingi tumbuh kembang murid memerlukan lingkungan yang baik.


Manusia adalah makhluk sosial, namun saat ini dengan adanya perkembangan zaman manusia berubah menjadi makhluk individualis dan cenderung merusak lingkungan. Dan Hal ini juga terjadi di kelas yang saya ampu yaitu VIB SDN Mojo Surakarta untuk membentengi hal tersebut perlunya kita galakkan kebiasaan positif yang membuat manusia kembali sadar akan posisinya menjadi makhluk sosial dan peduli terhadap lingkungan.

 

Adanya sikap acuh terhadap teman satu kelas dan adanya gap antara murid di kelas atau kelompok tertentu yang saling tidak mempedulikan di dalam kelas, serta tasa peduli lingkungan yang masih kurang dalam diri murid kelas VIB SDN Mojo. kondisi lingkungan kelas tidak akan kondusif karena warga kelasnya tidak saling menghargai dan peduli satu dengan yang lainnya. Maka dari itu penulis akan menerapkan budaya positif melalui Pembentukan keyakinan kelas yang bertujuan untuk membiasakan Murid menerapkan keyakinan kelas di setiap kegiatannya.

 

Indikator keberhasilan dari kegiatan ini adalah terbentuknya keyakinan kelas dan adanya perubahan perilaku murid yang individualis menjadi murid yang peduli sesama dan lingkungan.

 Aksi Nyata 1.4 CGP Ank 7 Kota Surakarta

  


 


No comments:

Post a Comment