Wednesday, April 22, 2020

Guru, Pandemi dan Peringatan Hari Bumi


Hari ini tanggal 22 April 2020 diperingati sebagai Hari Bumi Internasional. Peringatan Hari Bumi pada tahun ini adalah peringatan ke-50. Hari Bumi pertama kali diperingati pada tahun 1970 di Amerika Serikat yang dirancang oleh  seorang senator bernama Gaylord Nelson. Dikutip dari Wikipedia.org peringatan hari bumi ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang kita tinggali ini yaitu planet Bumi.
Hari Bumi Internasional 2020
Hari bumi tiap tahunnya diperingati dengan kegiatan-kegiatan yang mencerminkan rasa cinta dan sayang kita terhadap planet yang kita tinggali. Mulai dari pemimpin negara, musisi, aktivis peduli lingkungan dan tidak terkecuali kita yaitu sebagai seorang guru juga harus ikut dalam memperingati hari bumi ini. Biasanya hari bumi identik dengan penanaman pohon masal, kampanye dijalan membagikan poster ataupun stiker serta teatrikal-teatrikal untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam menjaga planet bumi.


Peringatan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena peringatan hari bumi tahun ini dirayakan ditengah masa pandemi covid-19 yang merata diseluruh dunia. Karena adanya social distancing yang melarang kita untuk berinteraksi dengan orang lain agar tidak terhindar covid-19. Namun kita sebagai seorang guru masih tetap bisa memperingati Hari Bumi ke-50 dengan meriah. Caranya bagaimana? Yang dapat kita lakukan antara lain:
1.    Mengajak kampanye siswa melalui media virtual
Dalam masa pandemi covid-19 seorang guru harus mampu mengembangkan kreativitas dalam memberikan tugas kepada siswa. Salah satu tugas yang dapat diberikan agar tidak melulu berkaitan dengan pembelajaran adalah mengajak siswa berkampanye melalui media virtual berupa poster ataupun video. Poster dapat berupa dukungan terhadap gerakan menjaga bumi misalnya dengan kalimat “ Mari Jaga Bumi Kita” dibuat yang keren ditambahkan dengan gambar-gambar kemudian diupload di media sosial mereka. Selain itu dapat melalui video vlog dapat berupa ajakan atau harapan pada hari bumi tahun ini yang ke-50 setelah itu dapat disebarkan melalui media sosial.

 

 2.    Memilah sampah yang ada disekitar kita
Sampah dirumah kita pastinya beragam, kita dapat memilahnya mana yang dapat diuraikan dan mana yang tidak dapat terurai. Dari langkah kecil ini dapat kita lakukan dalam memperingati hari bumi internasional.

Memilah sampah organik dan anorganik

 3.    Menanam satu pohon
Gerakan menanam satu pohon dipekarangan rumah dapat kita lakukan saat masa pandemi seperti ini. Langkah nyata dan tidak perlu mengumpulkan banyak orang. Berawal dari kita kemudian kita sebarkan di media sosial harapannya akan banyak yang ikut melaksanakan kegiatan ini. Dalam menanam satu pohon ini dapat mengajak siswa-siswi kita untuk melaksanakan langkah nyata di rumah masing-masing. Bagaimana jika tidak punya pekarangan? Apa yang dapat dilakukan? Menanam dapat dilakukan melalu media pot jadi jangan khawatir tidak bisa berkontribusi dalam hari bumi ini.

Tanam Pohon ekspedisi NKRI
4.    Membawa tempat minum ramah lingkungan
Ternyata mengurangi air minum dalam kemasan juga berpengaruh pada bumi ini, karena proses air minum kemasan sekali pakai ini mengambil gas bumi dalam jumlah besar. Jadi selalu gunakan atau bawa tempat minum yang dapat digunakan berulang kali. Namun jangan lupa untuk dicuci ya.
 
Gunakan botol minum sendiri
 5.    Mengurangi penggunaan kertas
Kegiatan kelima ini sangat cocok digunakan ketika masa pandemi seperti ini kenapa ? karena mengurangi kertas artinya juga mengurangi interaksi kita secara langsung dengan siswa ataupun orang tua siswa. Tugas tugas yang diberikan ketika belajar dirumah dapat dikumpulkan melalui foto ataupun google form sehingga memudahkan guru maupun siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Kurangi Sampah Kertas
6.    Tetap berdiam diri dirumah dan Work From Home
Yang terakhir adalah tetap berdiam diri di rumah dan mengurangi aktivitas siluar rumah yang tidak perlu. Hal ini juga dapat berkontribusi terhadap peringatan hari bumi ini loh. Tapi jangan lupa tugas kita sebagai seorang guru jangan sampai rasa malas yang datang. Ingat juga bahwa ada tugas piket yang diberikan. Disiplin tugas adalah kunci berhasilnya program belajar dirumah.

Nah itu tadi beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan sebagai seorang guru untuk memperingati Hari Bumi Internasional ke-50 tahun ini di masa pandemi covid-19. Tanamkan komitmen pada diri kita untuk “melayani” Bumi. Dan yang pasti kegiatan “melayani “ Bumi tidak hanya dilakukan pada hari bumi ini saja, namun harapannya kegiatan ini menjadi kebiasan yang kita lakukan agar bumi kita tetap terjaga hingga sampai ke anak cucu kita nanti.
 Terakhir tetap jaga kesehatan dan #lawancovid-19 di wilayahmu masing-masing. Semoga pandemi ini segera berakhir.x
x

5 comments:

  1. Mantapp adikk pam pam, selamat hari bumi, semoga alam kita lestari selalu hingga pandemi corona usai

    ReplyDelete
  2. Tulisan yg menginspirasi kakak pam. 👍

    ReplyDelete
  3. Mantap paman

    Ada bbrp salah ketik misal, dipekarangan,work from home,sama google form harusnya italic

    ReplyDelete
  4. 👍 guru hebat
    Salut atas usahanya memperbaiki lingkungan di tengah pandemi💪 selamat hari bumi gaess

    ReplyDelete